Refleksi Hati: Cinta Kekasih

Seorang perawan desa sedang pergi untuk menemui kekasihnya. Ia melewati seorang Mullah yang sedang melakukan shalat. Karena tidak tahu, ia berjalan di depan Mullah itu, suatu hal yang dilarang oleh agama. Mullah itu sangat marah, hingga ketika gadis itu kembali lewat di dekatnya, ia memarahinya. 


Ia berkata. "Alangkah berdosanya, hai gadis muda, berjalan di depanku ketika aku sedang shalat.


Gadis itu berkata, "Apa artinya shalat?


Dijawab, "Aku sedang memikirkan Allah, Tuhan langit dan bumi.


Gadis itu berkata, "Maafkan aku, aku belum tahu Allah dan shalat bagi-Nya, tetapi tadi aku sedang berjalan menuju kekasihku dan memikirkan kekasihku, hingga aku tak melihatmu sedang shalat. Aku heran bagaimana anda yang sedang memikirkan Allah dapat melihatku?


Perkataan gadis itu sangat berkesan pada Mullah hingga ia berkata, "Sejak saat ini, hai gadis, engkau adalah guruku. Akulah yang harus belajar darimu."